Jenis-Jenis Kertas dalam Pembuatan Kemasan dan Paper Bag

Jenis Kertas dalam Produksi Kemasan dan Paper Bag

Gambar : line25

Media kemasan selalu berinovasi sesuai dengan kegunaan dan kreatifitas pada masanya. Dulu, sebagai media kemasan orang menggunakan bahan dari sekitar, seperti daun pisang, daun jati, anyaman, dst. dengan bertumbuhnya pengetahuan dan teknologi kemasan juga berkembang mengikuti arah yang sama. Misalnya, kertas yang semula digunakan sebagai media tulis pengganti pelepah-batu-lontar-dst., kini juga dapat dikresikan menjadi kemasan atau juga bahkan tas jinjing yang lebih fashinable. 

Paper bag atau dalam bahasa Indonesia disebut Tas Kertas kini menjadi salah satu media packaging untuk pengepack produk jualan, atau juga digunakan sebagai media/wadah souvenir dalam acara keluarga, perusahaan, dan juga acara resmi dari kementrian. Tas kertas, diklaim sebagai media packaging yang ramah lingkungan, karena sifat dari bahan yang digunakan mudah untuk didaur ulang. Akan tetapi bukan berarti ia 1.000% benar-benar ramah lingkungan, karena dalam beberapa jenis produk paper bag ia juga memiliki lapisan plastik untuk menambah kesan mewah dan premium. 

Pembuatan paper bag di dalam Negeri, khususnya UMKM menggunakan bahan kertas yang jenisnya kurang lebihnya sama, yang membedakan biasanya dari PT/produsen/Suplier kertas, gramasi/ketebalan kertas, dan yang terakhir adalah model finishing paper bag. 

Jenis kertas yang digunakan bisa di kelompokan menjadi tiga jenis; kertas kraft/samson, kertas art paper/art carton, dan kertas marga/duplex.

1. Kertas Kraft/Samson

Jenis kertas ini terkadang ada yang membedakan ada juga yang menganggapnya sama, karena memang sama-sama berwarna coklat. Kertas samson memiliki tekstur lebih halus/licin ketimbang kertas kraft, dengan gramasi bervariasi atntara 70-80gsm. 

Sedangkan untuk kertas kraft ada dua jenis; kertas kraft dengan warna dasar coklat muda hingga coklat tua dan kertas kraft dengan warna dasar putih atau sering disebut kraft putih. Kesamaannya permukaannya kasar dan bagain dalam kertas memiliki warna coklat muda. Gramasi kertas kraft ini pun bervariasi;
125 gsm
150 gsm
150 gsm

2. Kertas Art Paper/Art Cartoon/Ivory

Kertas art paper dan art cartoon ini juga ada yang menganggapnya sama dan ada juga yang beranggapan berbeda. Kertas untuk jenis art paper memiliki permukaan yang licin bagian luar dan dalam, memiliki raster kertas yang halus meskipun terbilang lebih tipis daripada kertas art cartoon. Gramnasi kertas art paper berkisar antara 100gsm hingga 150gsm, kebanyakan digunakan untuk bahan kalender dinding dan juga brosur. 

Sedangkan, untuk jenis kertas art cartoon/ivory ia memiliki gramasi yang lebih tebal dibanding kertas art paper. Meskipun jenis kertas art cartoon/ivory ini banyak (tergantung produsen kertas), tetapi umumnya hanya ada dua jenis saja yang sering digunakan. Jenis yang menyerupai art paper 2 muka & satu muka. Maksudnya untuk yang dua muka, bagian luar dan dalam memiliki tekstur yang halus, sedangkan untuk yang satu muka hanya halus di bagian luarnya saja. Gramasi kertas art carton/ivory pun bervariasi;
210 gsm
230 gsm
260 gsm
310 gsm
360 gsm

3. Kertas Marga/Duplexm (Coated)

Kertas marga/duplex cenderung lebih mudah untuk dibedakan daripada jenis kertas yang lain, karena memiliki sisi bagian luar berwarna putih dan sisi bagian dalam berwarna abu-abu. Meskipun secara umum kertas duplex/marga ini digunakan untuk box, kotak nasi/snack tetapi juga bisa digunakan untuk bahan darasr dalam membuat tas kertas. Gramasi kertas marga; 
250 gsm
270 gsm
310 gsm
350 gsm
400 gsm

0 Response to "Jenis-Jenis Kertas dalam Pembuatan Kemasan dan Paper Bag"

Post a Comment