Pengertian Ukuran untuk Kemasan

Gambar : uline
Ukuran dalam pengertian kemasan merupakan bilangan yang menunjukkan besar satuan ukuran suatu kemasan (panjang, lebar, luas, tinggi, dalam, dan seterusnya). Ukuran kemasan adalah hal terpenting yang menentukan apakah kemasan tersebut bisa dipergunakan sebagaimana fungsi dan kebutuhannya. Jika kemasan berukuran lebih kecil daripada isi tentu kemasan tersebut tidak bisa dipakai, karena memang tidak muat. Oleh sebab itu, ukuran menjadi patokan pertama dalam membeli atau juga dalam memesan kemasan secara online. 

Hal pertama yang harus dilalukan adalah mengukur kebutuhan kemasan, jangan menggunakan patokan "kira-kira", misalnya paper bag untuk brownies, ukuran dari box/kotak brownies yaitu panjang 27.5 x lebar 13 cm x tinggi 6.5 cm (lanscape), maka ukuran tas kertasnya bisa dibuat dengan ukuran panjang 30 x lebar 15 x tinggi 15 cm. Mengapa tingginya menjadi 15 cm? Ukuran tinggi menyesuaikan kebutuhan, ukuran tinggi 15 cm dirasa cukup karena bisa menampung 2 buah box brownies (tingkat), dan begitu juga untuk jenis produk yang lain.

Kemasan umumnya memiliki dimensi atau ukuran panjang x lebar x tinggi atau juga panjang x tinggi x lebar. Tetapi terkadang juga terjadi salah pemahaman antara customer dengan produsen, maksudnya adalah spesifikasi kemasan yang dipesan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Karena setiap produsen memeiliki rumus sendiri. Sebagai contoh; ukuran paper bag yang dipesan panjang 28 x lebar 20 x tinggi 30 cm (potrait) tetapi hasilnya menjadi lanscape panjang 28 x tinggi 20 x lebar 30 cm.
Karena itu, ada baiknya sebelum membeli kemasan diperhatikan terlebih dahulu mana yang dianggap sebagai lebar, panjang, tinggi, tebal, dan dalam. 
Ukuran Paper Bag



Gambar di atas bisa menjadi penjelasan untuk ukuran dalam kemasan paper bag. Lebar samping dan bawah memiliki ukuran yang sama. Jika lebar samping 10 cm maka lebar/tebal bawah juga 10 cm. Ukuran tinggi ada sebagian yang menyebutnya dengan dalam atau depth.  Agar lebih mudah bisa menyebutkan model dari tas yang akan dibuat atau dipesan, semisal; model lanscape dengan ukuran 30x10x20, dan model potrait dengan ukuran 20x10x30 cm (seperti contoh gambar di atas). 

0 Response to "Pengertian Ukuran untuk Kemasan "

Post a Comment