Jenis Kertas Stiker yang Harus Kamu Tahu

Jenis Kertas yang Sering Digunakan untuk Mencetak Stiker

harga stiker
Gambar : google.co.id

Stiker merupakan media informasi visual berupa lembaran kertas atau plastik yang ditempelkan (memiliki daya rekat), pada suatu produk atau barang yang memuat keterangan mengenai nama, sifat, isi, asal, atau jargon dari barang atau produk tersebut.  Stiker memiliki banyak kegunaan dan fungsi, karena itu kertas yang digunakan pun akan berbeda-beda tergantung dari kegunaannya. Berikut beberapa jenis kertas yang dugunakan untuk stiker sesuai dengan kegunaannya.

1. Kertas Stiker Vinyl
Stiker jenis Vynil dibuat menggunakan kertas vynil atau sebuah plastik lentur yang merupakan salah satu jenis kertas stiker yang tahan terhadap segala cuaca baik panas maupun hujan. Jenis kertas yang memiliki permukaan mengkilap atau glossy dan merupakan salah satau jenis stiker yang digunakan atau diaplikasikan untuk kegiatan outdoor. Kelemahan dari jenis kertas ini adalah harus diprint menggunakan Laserjet Print dan tidak bisa dicetak apda priter inkjet biasa.
Contoh Stiker Vynil

2. Kertas Stiker Chromo
Stiker Cromo merupakan stiker yang terbuat dari bahan kertas licin. Jenis kertas stiker yang cocok untuk dicetak dengan berbagai mode desain, sparasi maapun hanya satu warna, juga memiliki daya rekat yang lumayan bagus. Karena itu setiker choromo banyak digunakan untuk promosi, digunakan untuk label pada botol atau juga kotak nasi, atau bsia juga stiker pemilu baik pilkada dll, karena disamping bisa sparasi dan memiliki daya rekat yang tinggi, stiker jenis ini secara harga relatif lebih ekonomis. Kekurangan jenis kertas stiker chromo adalah mudah luntur atau lepas jika terkena hujan, karena itu jenis stiker ini cocok untuk kebutuhan yang sifatnya indoor.

contoh stiker chromo

3. Kertas Stiker Bontaks
Stiker bontax dibuat dari kertas yang teksturnya nyaris seperti kertas biasa pada umumnya, tetapi memiliki daya rekat yang cukup bagus. jenis kertas ini bisa diprint menggunakan printer inkjet biasa dan untuk menambah kekuatan dari stiker ini bisa juga ditambahkan laminasi/plapis pada proses finishing stiker (bisa doff maupun glossy). Jenis kertas ini juga sering digunakan untuk produk kemasan dan umumnya ditambahkan laminasi pada tahap finishing.

4. Kertas Stiker HVS
Jneis kertas stiker HVS jenis kertas yang memiliki ukuran seperti kertas HVS (21,7 x 29,9 cm) dan bisa ditemukan di toko-toko alat tulis kantor maupun toko buku. Jenis kertas stiker yang tergolong sangat mudah untuk digunakan karena bisa dicetak sesuka hati menggunakan printer inkjet biasa, meskipun mudah digunakan jenis stiker HVS ini memiliki daya tahan yang terbatas, dan lemnya juga mudah mengelupas. Kertas stiker HVS bukanlah jenis kertas stiker yang digunakan untuk kegiatan outdoor, karena itu setiker ini biasa digunakan untuk kebutuhan indoor saja, seperti untuk souvenir, buku, atau barang-barang yang sifatnya indoor saja.

5. Kertas Stiker Crome
Jenis kertas sriker crome merupakan jenis kertas stiker yang memiliki lapisan glitter atau bisa dibilang berkilau berkilau. Tentu stiker jenis ini tidak asing bari kamu yang seorang anak motor yes, hehe. Ya karena kertas stiker jenis ini sering digunakan untuk pelapis kendaran bermotor (scorlet), dengan maksud agar body kendaraan tidak lecet ketika mengamali goresan atau ketika tergores. Kertas crome ini tidak bisa diprint karena memiliki tekstur yang terbilang licin.
Contoh Stiker Crome
Demikian 5 jenis kertas stiker yang sering digunakan semoga bermanfaat.  

0 Response to "Jenis Kertas Stiker yang Harus Kamu Tahu"

Post a Comment