Kertas Samson Kraft

Kertas Kraft Samson


Kertas Kraft Samson
Kertas secara arti KBBI merupakan lembaran yang dibuat dari bubur rumput, jerami, kayu, dan sebagainya yang biasa ditulisi atau dijadikan pembungkus dan sebagainya. Sedangkan secara definisi kertas adalah bahan yang tipis, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. 

Serat yang digunakan biasanya adalah alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa. Kertas juga dikenal sebagai media utama untuk kegiatan menulis, mencetak serta melukis. Ada banyak kegunaan lain yang dapat dilakukan dengan kertas misalnya; kertas pembersih (tissue) yang digunakan untuk hidangan, kebersihan, kertas pembungkus ataupun keperluan lainnya. 

Hadirnya kertas merupakan revolusi besar dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan perubahan sangat mendalam bagi peradaban dunia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan kertas juga ikut terkena dari perkembangan tersebut, baik dari segi proses, bentuk, warna, bahan, dan bahkan juga perkembangan pada fungsi. 

Dewasa ini, kita mengenal berbagai macam jenis kertas dengan kegunaan yang berbeda-beda. Varian kertas sangat beragam, meskipun begitu bahan utama dalam pembuatan kertas tetaplah sama, dari bahan alam. Meningkatnya kebutuhan kertas juga memberikan dampak tersendiri, karena itu mulailah diproduksi kertas dari bahan daur ulang, atau kertas recycle. 

Kita tentu sering mendengar kertas samson atau kertas kraft, bahkan bagi sebagian orang ada juga yang menyebutnya dengan istilah kertas samson kraft. Apa sebenarnya kertas samson atau kertas kraft itu? bagaimana alur atau proses produksi kertas kraft atau samson? 

Tentu kita tidak asing dengan kertas berwarna coklat tipis yang biasa digunakan sebagai sampul buku, kertas kado, peta, bahkan sebagai pembungkus produk. Mari kita bahasa satu-persatu.  

Kertas Kraft  
Kertas kraft atau (craft paper) merupakan kertas yang diproduksi dari chemical pulp melalui proses kimia yang disebut proses kraft. Plup itu sendiri adalah hasil pemisahan serat dari bahan baku berserat (kayu maupun non kayu) melalui berbagai proses pembuatannya (mekanis, semikimia, kimia). 
Kertas Kraft Coklat Plano
Kertas kraft diproduksi melalui proses kimiaatau juga disebut proses kraft. Proses ini menghasilkan pulp dengan kekuatan yang lebih tinggi dibanding proses mekanis dan semi-kimia, sehingga memiliki elastisitas tinggi dan tahan terhadap sobekan. Pulp kertas yang dipakai bisa melalui proses pemutihan (bleaching) atau tidak. Bila tidak di bleaching maka hasil kertas akan berwarna coklat.
Kertas jenis ini biasanya digunakan untuk beberapa kegiatan, seperti:

Brown Craft Paper
  • Kertas bungkus (wrapping),  seperti pada bungkus kertas plano.
  • Kantong (bag/sack),  seperti kantong belanja atau shopping bag.
  • Karung (shipping sack) – contohnya karung, kantong semen, paper sack.

Kertas Samson  
Samson  merupakan kertas hasil dari daur ulang modern yang umumnya berwarna coklat dan permukaannya licin. Karena terkesan klasik, maka kertas ini biasa digunakan untuk paper bag dan hang tag juga.
Kertas samson memiliki tekstur licin
Bahan kertas yang berasal dari proses daur ulang, memiliki warna coklat. Biasa dipergunakan untuk membuat kemasan. Gramaturnya yang sering dipakai 70gr dan 80gr. Kertas samson mempunyai warna coklat muda hingga coklat tua. Umumnya kertas ini digunakan sebagai bahan packing/pembungkus, pembuatan paper bag, tas kertas, hang tag, sampul buku atau kado, dan amplop folio.

Contoh Kertas Samson
Kertas jenis ini bila dicetak umumnya hanya menggunakan satu atau dua warna saja, karena jika dicetak full colour atau sparasi hasilnya tidak begitu cerah seprti kertas yang memiliki permukaan berwarna putih. 

0 Response to "Kertas Samson Kraft"

Post a Comment