Cara Membuat Paper Bag atau Tas Kertas

Cara Membuat Paper Bag atau Tas Kertas dari Kertas Bekas

 
Membuat Tas Kertas Sendiri dengan Kertas Kado
Paper bag atau tas kertas adalah kantong yang digunakan untuk membawa barang dari produk tertentu atau juga untuk tempat hadiah atau cindera mata yang akan diberikan kepada orang lain. Paper bag umumnya diproduksi dengan berbagai macam ukuran sesuai keperluan. Paper bag kini juga dijual di toko-toko maupun di super atau mini market. Tas kertas atau paper bag dapat dibuat dengan berbagai jenis kertas, mulai dari kertas karton, kertas kraft, kertas kado, bahkan bisa juga dibuat dari kertas sisa.

Paper bag selain dengan memesan atau membelinya, kita juga bisa membuatnya sendiri, karena untuk membuat paper bag sangatlah mudah dan tidak memakan banyak waktu. Kita bisa membuat paper bag sendiri sesuai selera dan keinginan kita, baik dari gambar, ukuran, tali, dan yang lainnya. 

Sebelum membuat tas kertas, kita terlebih dahulu harus mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti kertas (bisa kertas bekas atau kertas koran), karton, gunting, mistar atau penggaris, double tape atau lem (lem kertas), pembolong kertas, dan yang terakhir adalah tali (bisa menggunakan tali serat tumbuhan, pita atau tali jenis lainnya).

Cara Membuat Tas Kertas dengan Kertas Sisa
  1. Potong kertas sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Untuk lebih mudahnya, ukur panjang x lebar tas yang akan dibuat pada lembaran kertas.
  2. Tempelkan doubel tape atau bisa menggunakan lem kertas pada bagian samping dan juga bawah. 
  3. Setelah itu rekatkan tau tempelkan ujung kertas dengan bagian yang sudah diberi doubel tape atau lem tadi. Agar rapi sesuaikan antara ujung kertas yang satu dengan yang akan ditempel. Tempel hingga rata dan tidak berongga.
  4. Geser bekas sambungan atau tempelan tadi ke bagian samping, agar sambungan tidak terlihat.
  5. Lipat bagian bawah kertas yang sudah disambung tadi ke atas dengan ukuran 1.5 dari ukuran tebal tas. 
  6. Tekuk atau lipat bagian ujung yang sudah dilipat (No. 5) agar membentuk segitiga. Kemudian lipat bagian atas dan bawah lebih dari setengah yang sebelumnya dilipat. 
  7. Tempelkan bagian atas dan bawah yang sudah dilipat tadi (bisa dengan doubel tape atau lem kertas). Usahakan agar tidak menempel dengan bagian dalam kertas. (Hanya bagian yang terlipat saja).
  8. Lipat bagian atas seperti langakah No. 5, sesuaikan dengan ukuran tas yang akan dibuat.
  9. Gunting karton yang sudah disediakan sesuai tinggi dan lebar bagian atas yang terlipat. Siapkan 2 potongan karton dengan ukuran yang sama.
  10. Tempel karton pada bagian dalam lipatan. Karton tersebut ditujukan sebagai penguat bagian atas yang terlipat.
  11. Lubagi bagian atas yang sudah dilipat dan dilapisi karton tadi menggunakan alat pembolong kertas dengan jarak yang sejajar dan sama. Hingga didapatkan 4 lubang (sisi depan dua dan sisi belakang dua).
  12. Setelah dilubangi, masukan tali ke dalam kertas melalui lubang yang sebelumnya dibuat. Ikat tali dan kerjakan kembali untuk bagian yang lain.
  13. Paper bag atau tas kertas buatan kamu telah siap digunakan.

 Demikian cara membuat tas kertas sendiri dengan bahan kertas bekas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Paper Bag atau Tas Kertas"

Post a Comment