Cara Mudah Membuat Kotak Kado dari Karton Bekas

Membuat Kotak Kado Sendiri dari Karton Bekas

(gambar hanya contoh)

Membuat kotak kado sebenarnya sangat sederhana, kita juga bisa menggunakan bahan dari barang-barang yang tidak terpakai disekitar kita. Bisa menggunakan kertas koran bekas, karton yang tidak terpakai, kardus, atau bisa juga cover majalah yang sudah tidak terpakai. Artinya semua dapat kita gunakan sebagai media untuk membuat kotak kado.

Kotak kado memang memiliki banyak sekali bentuk dan juga warna desain. Akan tetapi yang perlu digaris bawahi, yaitu bahwa warna desain yang unik dan cantik itu hanya pelapis atau lapisan luar, karena untuk bahan dasar pembuatan kotak kado itu sama - karton. Bisa menggunakan karton yellow atau kardus. 

Meskipun di luar sana banyak yang menjual kotak kado, alangkah baiknya kita juga bisa membuatnya sendiri dengan kreatifitas - ide sesuai kehendak kita sendiri. Berikut langkah-langkah untuk membuat kotak kado.

Hal yang pertama kita lakukan adalah meyiapkan alat-alat yang dibutuhkan.
  1. Pensil atau pena
  2. Penggaris
  3. Lem kertas
  4. Solatif kertas
  5. Kertas kado (motif sesuai selera)
  6. Karton (bisa dari kardus bekas atau karton yellow)
  7. Cutte & gunting
Setelah menyiapkan alat dan bahan, mari kita praktek membuat kotak kado, berikut langkah-langkahnya.

  • Buatlah pola di kertas karton sesuai ukuran yang dinginkan menggunakan pensil atau pena dengan penggaris agar lurus.
 (contoh pola)
  • Bila pola sudah selesai kita buat, maka langkah selanjutnya, yaitu memotong pola tersebut dengan cutter atau gunting (usahakan lurus agar hasilnya rapi).
(contoh pola yang sudah terpotong - 
garis putus-putus adalah pola lekukan. Usahakan ketika mempola  lekukan/ garis putus-puts dengan cutter tidak sampai putus)
  • Setelah karton dipotong sesuai ukuran / pola, letakan kertas kado di bawah pola kertas karton  tersebut, kemudian potong kertas kado sesuai pola namun dilebihkan kurang lebih satu cm. Lebihan tersebut difungsikan untuk area lem / pengeleman nantinya. 

  • Selanjutnya karton yang sudah dipotong dan kertas kado (pelapis) yang juga sudah kita potong tadi, kita lapisi lem secera merata dan kita tempelkan. 

  • Jika kertas kado sudah kita tempelkan pada kertas karton, maka kita rekatkan bagian pinggir  (pola box) hingga menjadi kotak dengan menempelkan solatif pada bagian pinggir karton. 
(contoh kotak )
  •  Selanjutnya kita bungkus seluruh kotak kado tersebut dengan kertas kado sesuai dengan pola yang belum kita tempeli kertas kado. 

  • Langkah yang terkahir adalah membuat tutupnya. Membuat tutup langkah-langkahnya sama dengan seperti di atas. Agar lebih menarik dan cantik kita bisa menambahkan pita atau kupu-kupu dari kertas.
(gambar hanya contoh)

Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Kotak Kado dari Karton Bekas"

Post a Comment