Jenis Kertas yang Sering Digunakan dalam Percetakan

contoh kertas
Add caption

Jenis-jenis Kertas yang Sering Digunakan dalam Dunia Percetakan

Kertas merupakan salah satu bahan baku primer untuk sebuah bisnis offset atau percetakan. Sebenarnya ada banyak sekali jenis kertas yang dapat digunakan sebagai bahan untuk kegiatan percetakan, meskipun juga tidak semua jenis kertas bisa dicetak. Hal ini tentu karena setiap jenis kertas memiliki karakteristik dan keunggulannya sendiri-sendiri. 

Berikut beberapa jenis kertas yang sering digunakan dalam dunia percetakan.


1. Kertas HVS
Siapa sih yang tidak kenal dengan kertas jenis ini. Kertas HVS merupakan kertas yang paling terkenal, banyak dijumpai dan digunakan. Kertas yang populer digunakan untuk foto copy, mencetak dokumen, dan mencetak buku. Memiliki tekstur yang tidak terlalu halus dan juga tidak terlalu kasar membuat kertas jenis ini banyak digunakan orang. Gramatur kertas jenis ini berfariasi mulai dari 60 gr yang terendah, 70 gr, 80 gr, hingga 100 gr.


2.  Kertas NCR
Kebanyakan orang menyebut kertas ini dengan istilah kertas karbon. Meskipun berbeda secara jenis kertas, tetapi memiliki fungsi yang sama. Kertas NCR sengaja diproduksi untuk menggantikan kertas karbon, yaitu untuk menyalin tulisan. Kertas NCR merupakan kepanjangan dari Non Carbon Required,  memiliki berbagai varian warna, bertekstur lembut dan sangat tipis, banyak dijumpai/digunakan untuk pembuatan nota, kwitansi dan bukti transaksi lainnya. 


3. Kertas Jasmine
Kertas ini memiliki tekstur sedikit glitter pada permukaannya. Kertas jenis ini sering digunakan untuk mencetak undangan karena karakteristiknya yang unik dan memberikan kesan mewah. Kertas jenis ini juga bisa dijadikan amplop untuk keperluan kantor, meskipun sangat jarang dijumpai, karena harganya terbilang cukup tinggi.


4. Kertas Samson    
Kertas samson merupakan jenis kertas yang memiliki tekstur halus atau licin pada kedua permukaannya. Kertas ini dihasilkan dari proses daur ulang, dan memiliki warna coklat pada kedua sisinya. Umumnya kertas ini digunakan sebagai bungkus baik itu sampul buku, bungkus makanan maupun untuk pembuatan peta unik. Kertas samsom memiliki gramasi 70 gr dan 80 gr saja. 


5. Kraft / Craft Linner
Kertas Kraft memiliki warna yang hampir sama dengan kertas samson, yaitu berwarna coklat karena sama-sama hasil dari proses daur ulang. Meskipun secara karakter, kertas samson dan kertas kraft jauh berbeda. Kertas kraft atau kraft liner memiliki tekstur yang kasar pada kedua sisinya. Memiliki gramsi mulai dari 100gr, 125gr, 150 gr, 200gr, hingga 220 gr. Kertas jenis ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan paper bag atau kemasan lainnya.


6. Kertas Duplex / Marga
Jneis kertas yang paling sering digunakan untuk box makanan atau kemasan makanan, seperti kotak nasi, kotak brownies atau juga kotak snack, kotak kosmetik dan kotak obat-obatan. Memiliki warna yang berbeda pada kedua sisinya, di satu sisi berwarna putih, sedangkan sisi lain berwarna abu-abu. Kertas jenis ini memiliki tekstur yang halus untuk sisi luarnya dan sedikit kasar atau berserat pada sisi dalamnya. Memiliki gramasi mulai dari yang paling tebal 500 gr, 450 gr, 400 gr, 350 gr, 310 gr, 270 gr, hingga yang paling tipis 250 gr.


7. Kertas Art Paper  
Kertas art paper merupakan jenis kertas yang memiliki tekstur licin pada kedua sisinya dan berwarna putih, sering juga disebut dengan kertas hvs premium.Kertas jneis ini sangat cocok untuk cetak majalah, katalog, flyer, atau juga brosur. Gramasi kertas jenis ini mulai dari 85 gr, 100gr, 115gr, 150gr, sampai 190 gr.


8.Art Cartoon
Kertas art cartoon memiliki teksur mirip dengan art paper, namun lebih tebal dan berat. Kertas art cartoon biasanya digunakan untuk cetak kalender, paper bag, undangan, kartu nama, cover buku, dan map. Gramasi kertas art cartoon mulai dari 210 gr hingga 400 gr.


9. Kertas Ivory
Kertas ivory memiliki tekstur mirip dengan art carton dan art paper hanya berbeda pada permukaannya saja. Kertas ivory biasanya memiliki warna yang sedikit buram, hanya satu sisi saja Gramasinya juga sama dengan kertas art caroon mulai dari 210 gr hingga 400gr.  Jenis kertas ini sangat cocok untuk poster, buku agenda dan kemasan produk makanan seperti paper tray atau box kebab, cetak paper bag atau dus-dus kosmetik.


10. Kertas BC
Kertas bc memiliki permukaan yang bertekstur, sehingga kertas ini lebih variatif. Kertas jenis ini sering kita jumpai untuk cetak kartu nama, sertifikat atau juga map. Memiliki gramasi yang bervariasi juga, mulai dari 250 gr, 220 gr, hingga 160 gr.

0 Response to "Jenis Kertas yang Sering Digunakan dalam Percetakan"

Post a Comment