Istilah Laminasi dalam Pembuatan Tas Kertas dan Undangan

Laminasi pada Tas Kertas dan Undangan 

Istilah laminasi tentu tidak asing lagi bagi mereka yang bergelut di bidang kerajinan dengan bahan kertas. Laminasi atau pelapisan merupakan sebuah teknik dalam dunia percetakan untuk mendapatkan hasil produk yang optimal dan bagus. Teknik pelapisan ini dilakukan setelah proses cetak melalui mesin cetak oliver, SM, ataupun mesin digital printing selesai dilakukan. 
Proses laminasi umumnya menggunakan bahan plastik khusus sebagai bahan pelapis kertas hasil cetakan tadi sehingga dapat menambah kekuatan, tidak mudah sobek, dan efek pada cetakan. Secara teori semua jenis kertas dapat dilaminasi, tetapi umumnya dalam pembuatan undangan ataupun paper bag jenis kertas dengan raster atau permukaan yang licin yang sering digunakan, karena hasilnya akan lebih maksimal. 
Ada beberapa jenis kertas yang umunya digunakan sebagai bahan pembuatan tas kertas dan undangan yang menggunakan teknik laminasi, seperti kertas art paper, art cartoon/ivory, dan kertas marga. 

Jenis laminasi yang umun dalam pembuatan tas kertas dan undangan menggunakan beberapa teknik berikut. 

Laminasi glossy
Merupakan proses pelapisan plastik khusus yang memiliki corak atau karakter gilap atau mengkilap dengan permukaan yang licin. Oleh karena itu, jika undangan dan paper bag menggunakan teknik laminasi glossy maka kertas yang sudah dilaminasi tersebut akan terlihat lebih mengkilap, licin, warna hasil cetakan semakin terlihat jelas, dan tahan terhadap goresan bahkan air.
Tas Kertas Glossy

Laminasi Doff
Merupakan proses laminasi atau pelapisan plastik khusus yang memiliki corak atau karakter sedikit buram dan bertekstur kasar, kebalikan dari pada laminasi glossy. Cetakan bila dilaminasi dengan teknik doff, maka warna hasil cetakan akan tampak sedikit buram dan tidak memantulkan cahaya, tetapi tidak mengurangi sedikitpun dari kualitas gambar, justru laminasi doff memberikan kesan mewah dan elegan. 
Tas Kertas Doff

Spot UV
Spot UV merupakan teknik laminasi yang corak dan karakternya hampir sama dengan laminasi glossy (mengkilap), tetapi teknik spot UV ini tidak untuk melapisi seluruh permukaan kertas, melainkan hanya pada bagian tertentu saja. Misalkan pada paper bag terdapat sebuah logo perusahaan, keseluruhan permukaan kertas termasuk logo/brand perusahaan dilaminasi doff, tetapi khusus pada bagaian atau area logo/brand perusahaan itu dilaminasi lagi dengan teknik spot uv, sehingga logo/brand tersebut menjadi mengkilap.  
Tas Kertas Spot UV
Berikut beberapa jenis laminasi yang digunakan dalam pembuatan paper bag atau tas kertas dan juga undangan sekiranya dapat Anda jadikan sebagai bahan refrensi ketika memesan undangan ataupun paper bag.

0 Response to "Istilah Laminasi dalam Pembuatan Tas Kertas dan Undangan "

Post a Comment