Cara Bikin Kemasan Unik dari Kardus Bekas

Kemasan Unik dari Kardus Bekas

Anda sedang menjual produk rumahan dan membutuhkan kemasan untuk produk Anda? Butuh sesuatu yang unik untuk menarik calon konsumen? Anda bisa coba pesan kemasan unik pada vendor pembuat kemasan, seperti produsen kemasan unik hdkreasi.com. Namun jika kebtuhan Anda tidak terlalu banyak, tentu Anda harus merogoh kocek yang luamayan untuk sebuah kemasan unik.

Contoh Kemasan Unik

Sebuah vendor atau produsen umumnya memiliki batas minimal pemesanan. Karena jika kemasan yang dipesan adalah produk custom dengan finishing yang panjang, maka biaya yang dikeluarkan pun akan jauh lebih mahal. 

Namun jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya, bisa coba untuk membuatnya sendiri. Bahan yang akan digunakan yaitu dengan bahan- bahan yang ada di sekitar kita tanpa harus keluar biaya mahal. Meskipun Anda harus kehilanagan waktu untuk membuatnya. 

Kemasan sendiri memiliki fungsi yang beragam, mulai dari kemasan komersial, kemasan untuk kado dan kemasan untuk menyimpan barang-barang pribadi. 

Membuat Kemasan dari Kardus Bekas

Membuat kemasan adalah hal yang menyenangkan dan bahkan juga menghasilkan bagi sebagian orang. Dengan keahliannya seseorang bisa menjual jasa atau juga produk kemasan dari yang ia buat. Bagi sebagian orang bisa juga digunakan untuk kado atau hadiah dan mengisi waktu luang. 

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
  1. Kardus (boleh baru boleh bekas) atau bisa juga menggunakan karton yellow board.
  2. Penggaris & pena
  3. Lem & isolasi / selotip
  4. Gunting & cutter
  5. Kertas lapisan (bisa menggunakan kertas kado, kertas koran, kertas samson, bisa menggunakan kain batik)
"catatan: jika menggunakan lapisan berbahan kain atau vinil maka lem yang digunakan adalah lem kain atau lem plastik atau bisa juga menggunakan lem sepatu."

Sebelum membuat kemasan, terlebih dahulu kita membutuhkan sebuah konsep atau ide dari model kemasan yang akan dibuat. Setelah itu kita harus menentukan ukuran sebuah kemasan, agar barang atau produk dapat masuk ke dalam kemasan tersebut. Sebagai contoh kita akan membuat kotak kemasan seperti kemasan kosmetik atau kotak pizza. 

Langkah-langkahnya

  • Siapkan kardus dan mulailah untuk membuat pola kemasan. Misalkan dengan ukuran panjang 10 x lebar 10 x tinggi 5 cm.

Anda bisa mengkreasikan ukuran, dan lipatan dalam sesuai keinginan. Untuk garis putus-putus pada gambar di atas menunjukkan area lipatan atau tekukan. 

  • Jika pola sudah digambar atau dibentuk, maka langkah selanjutnya adalah memotong bagian yang seharusnya dipotong. Jika menggunakan pola pada contoh gambar di atas, maka pola yang dipotong adalah garis tanpa putus. Sebaiknya diusahakan dengan hati-hati agar hasil potongan bisa rapi.
  • Jika telah terbentuk pola (hasil potongan) pada kardus, maka sebagiknya Anda tekuk atau Anda jadikan box terlebih dahulu. Hal ini agar mengetahui posisi atau sudat mana saja yang kurang presisi atau terdapat lebihan potongan.
  • Setelah itu buka lembari menjadi lembaran. Potong kertas lapisan yang akan digunakan (bebas), dan lebihkan kertas sekitar 1-2 cm. Pada gambar di bawah terdapat kotak lingkaran berwarna biru. Siku tersebut merupakan pengunci jadi tidak perlu untuk dilapisi. Cukup dilebihkan sedikit saja karena nantinya siku ini berada di dalam lipatan.

  • Setelah kertas lapisan terpotong, maka kardus yang telah dipola tadi, beri lem secara merata (usahakan tipis namun rata).
  • Tempelkan kertas lapisan pada karus yang telah terpola secara hati-hati. Dan jika disara sudah pas maka digosok sedikit agar merekat. (fungsi lebihan 1-2 cm tadi adalah untuk menempelkan kertas lapisan ke bagian/ ke sisi dalam sehingga tidak terlihat. 
  • Sedangkan untuk bagain dalam, potong kertas lapisan secukupnya (agar menutupi sambungan kertas lapisan bagian luar) dan tempelkan secara hati- hati. 
  • Sebagai tambahan Anda bisa menambahkan dudukan produk atau barang pada bagian dalam, dan pada bagian luar Anda bisa menambahkan ornamen sesuai keinginan Anda. 

Selamat mencoba...

0 Response to "Cara Bikin Kemasan Unik dari Kardus Bekas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel