Template Box Kemasan Sederhana

Contoh Desain Template Box Kemasan Sederhana

Dalam membuat sebuah kemasan tentu tidak lepas dari sebuah ide untuk menentukan model bentuk dan desain kemasan. Dua hal ini adalah awal mula sebuah kotak kemasan tercipta. Sebelum melangkah ke desain, tentu template atau model bentuk sebuah kemasan haruslah jelas. Karena ini akan menentukan keserasian antara kemasan dengan isi. 


Tidak mungkin sebuah kotak makanan misalnya yang di dalamnya terdapat mika kotak sebagai tempat sayur, lauk, dan nasi, sedangkan kotak kemasan luarnya dibentuk model segitiga. Tentu tidak akan masuk. Nah, dalam membuat desain template atau desain bentuk sebuah kemasan, tentu tidak hanya memperhatikan segi estetika dan keunikan saja. Namun juga fungsi, kemudahan, kekuatan kemasan, model sistem kucian atau menggunakan lem, dan banyaknya bahan baku yang akan digunakan. 

Berikut ini contoh model tamplate box kemasan dengan bahan kertas yang bisa Anda gunakan atau juga kembangkan. Yang menjadi poin penting adalah ukuran lekukan yang tepat antara satu sisi dengan sisi lainnya, serta ukuran kunci (untuk model kuncian), agar box tidak melengkung atau juga tidak sobek ketika dibentuk menjadi kemasan. 

Box Kotak Nasi Sistem Kunci Standar

Box kotak nasi atau juga snack ini dibuat dengan ukuran panjang 20 x lebar 20 x tinggi 8 cm. Pola sederhananya sebagai berikut. 
Pola Template Kotak Nasi

Pada bagian bawah terdapat kotak berwarna yang menunjukkan kesatuan posisinya. Artinya nanti kotak yang berwarna merah nomor 1 akan bertemu dengan kotak berwarna merah nomor 2, dan seterusnya. Inilah yang dimaksud dengan sistem kunci tanpa menggunakan lem. Sehingga yang harus diperhatikan adalah ukuran lubang (warna merah nomor 1) dan jarak pengunci (warna merah nomor 2), agar ketika dibentuk menjadi kotak dapat pas. 

Sistem kunci ini tidak berlaku jika Anda menginginkan kotak yang dibentuk nanti hanya menggunakan staples untuk penguncinya. 

Box Kotak Kemasan Sederhana

Box kemasan ini bisa digunakan untuk kotak hadiah, kotak kemasan produk susu, kotak kemasan hijab, sarung, dan sebagainya. Anda hanya perlu menyesuaikan ukuran sesuai dengan produk yang akan dikemas. Untuk box jenis ini menggunakan dua media, pertama menggunakan lem dan menggunakan sistem kunci untuk buka tutupnya. Sebagai contoh dibuat dengan ukuran panjang 14 x tebal 6 x tinggi 18 cm. 

Template Pola Box Kemasan

Pada kotak berwarna biru merupakan pengunci yang nantinya berfungsi sebagai pengait pada bagian penutup atas dan juga bawah (jika model kotak potrait). Untuk lebar pengunci ini bisa disesuaikan dengan selera atau kebutuhan, namun di sini menggunakan ukuran 1.5 cm saja sudah cukup.

Sedangkan untuk siku penguat kunci dibuat menggunakan ukuran 5 cm dengan lebar ujung 4.5 cm. Bentuk mengerucut ini difungsikan untuk menutupi bagian samping pengunci (tutup) dan memperkuat pengait tersebut. 




0 Response to "Template Box Kemasan Sederhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel