Apa Itu Hotprint

Istilah Hotprint dalam Dunia Percetakan

Hotprint laykanya emboss dan debos pada artikel sebelumnya, yaitu jenis finishing atau teknik akhir dalam sebuah percetakan yang digunakan untuk mempercantik, memberikan kesan mewah, elegan dan berkelas pada hasil cetakan. 

Apa itu hotprint? Hotprint merupakan teknik untuk membuat teks atau logo pada cetakan menjadi  mengkilap dengan menggunakan foil berwarana emas atau perak. 

 Contoh Penggunaan Hotprint / Foil Emas pada Kemasan

gambar: google.com

 
  Contoh Penggunaan Hotprint / Foil Emas pada Undangan

Gambar: google.com

Bahan pembuat warna perak atau warna emas pada teks atau logo tersebut dinamakan foil. Karena itu banyak juga yang menyebutnya dengan istilah foil emas atau foil perak. Foil terdiri dari bermacam warna yang mengkilau. Warna-warna tersebut yaitu sebagai berikut.

Macam-macam foil untuk print
  • Emas atau Gold : Foil yang paling banyak dipakai, seperti untuk pembuatan logo pada kemasan dan  teks pada undangan (nama dan inisial). Foil Gold ini masih tergolong netral untuk segala macam warna dasar.
  • Perak atau Silver : Foil kedua yang banyak digunakan atau dipakai. Namun perlu diperhatikan untuk pemakaian foil silver ini, warna dasar yang terlalu kontras akan membuat foil silver tidak maksimal.
  • Perunggu atau Bronze : Foil ini adalah foil ketiga yang juga banyak dipakai. Pemakaian foil perunggu dengan warna dasar yang terlalu kontras akan membuat foil ini tidak maksimal.
  • Biru Metalic : Foil yang satu ini jarang dijadikan pilihan untuk membuat teks hotprint. Mungkin karena warna yang cenderung gelap. Meskipun gelap, foil ini tetap memberikan kilauan sama seperti foil emas dan perak.
  • Hitam : Foil hitam ini meskipun memancarkan kilauan seperti foil emas, perak dan biru, tetapi tingkat kilauannya memang lebih redup dari ketiga foil di atas. Foil ini juga tidak terlalu populer, sehingga jarang yang menggunakan foil ini untuk hotprint. Namun ketika bahan dasar yang digunakan tepat maka dapat memberikan kesan yang sangat berbeda.
 Semoga bermanfaat.



0 Response to "Apa Itu Hotprint"

Post a Comment