10+ Produk Percetakan yang Sering Kita Gunakan

Produk Percetakan di Sekitar Kita

Sadar atau tidak produk percetakan telah membanjiri kehidupan kita, tidak heran bila terkadang produk percetakan menjadi sebuah kebutuhan. Apa saja produk percetakan yang sangat familiar di sekitar kita, yang tanpa disadari itu adalah produk yang dihasilkan dari sebuah kegiatan mencetak pada media tertentu.
undangan pernikahan unik
Sumber : google.com

Berikut barang percetakan yang populer dan sering didapati di sekitar kita.
  • Poster
Produk percetakan yang satu ini hampir bisa kita jumpai di sudut jalan dekat rumah kita. Atau sederhanannya di mana ada tiang listrik, tiang telpon di situ hampir bisa dipastikan ada poster. Baik itu poster sebagai karya seni, maupun iklan sebuah usaha dan jasa. Pada prinsipnya pengaplikasian poster ini, dengan ditempel pada dinding atau permukaan datar lainnya untuk mencuri perhatian mata sekuat mungkin.
  • Brosur
Brosur atau pamflet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah. Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar atau halaman sering disebut sebagai selebaran. Selain itu, brosur yang memuat informasi tentang produk disebut juga sebagai katalog produk atau sering hanya disebut katalog. Brousur bisa dijumpai bila kita berbelanja di suatu outlet, atau bahkan bagi sebagain sales kendaran bermotor terkadang menyebarkan brosur di jalan atau disekitar kita. 
  • Banner / Spanduk
Ya, produk percetakan yang satu ini hampir memenuhi sudut kota, bahkan desa, terlebih ketika momen Pemilu. Bisa dipastikan setiap sudut jalan ruko pasti ada banner. Banner merupakan produk percetakan yang ditujukan untuk media informasi juga media promosi, juga sebagai jargon atas suatu usaha tertentu.
  • Kalender
Di era digital saat ini, memang kita bisa dengan mudah melihat kalender, karena di setiap smartphone pasti sudah dilengkapi dengan tanggal dan waktu. Namun tentu tidak semua yang menjadi digital kita tidak membutuhkan lagi bentuk hard / aslinya, karena meskipun sudah digital kita pasti memiliki kalender baik itu kalender dinding maupun kalender duduk. Kalender merupakan salah satu produk percetakan, yang sekarang bukan hanya sebagai petunjuk waktu dan hari tetapi juga untuk penyampai sebuah informasi dan sebuah promosi.
  • Kartu Nama
Produk percetakan yang satu ini memang tidak setiap orang memiliki, namun untuk pelaku usaha kartu nama merupakan sesuatu yang dibutuhkan dan terbilang penting. Kartu nama umumnya dicetak pada dua sisi tetapi juga bisa hanya pada satu sisinya saja. 
  • Paper Bag
Paper bag untuk saat ini hampir bisa menggantikan popularitas kantong kresek yang terbilang tidak ramah lingkungan. Paper bag dengan bahan dasar kertas ini digadang-gadang menjadi kemasan modern yang ramah lingkungan karena sifatnya yang mudah hancur ketika terkena air dan juga mudah untuk didaur ulang. Paper bag bisa kita temui bahkan di toko kelontong sekalipun. Paper bag merupakan salah satu produk percetakan yang dikreasikan menjadi sebuah wadah atau tas dengan model yang sangat beragam. 
  • Undangan
Undangan merupakan menu wajib bagi Anda yang akan melangsungkan pernikahan. Tahukah Anda bahwa undangan merupakan salah satu produk percetakan yang dibentuk dengan model yang unik dan manis sesuai tema dan kebutuhan. Pembuatan undangan tidak selesai hanya pada proses cetak saja, namun juga ada tahapan atau finishing agar undangan menjadi lebih bagus dan menarik.
  • Yassin
Buku Yasin merupakan salah satu produk percetakan yang sering digunakan atau dibaca khususnya untuk kaum Muslim. Bisa menjadi souvenir umroh dan haji, juga sebagai kenang-kenangan. Pengkreasian cover juga dilakukan melalui proses cetak. Kita sering mendengar tempat cetak buku Yasin, jual Buku Yasin, dst. hal ini karena memang untuk buku yasin dihasilkan atau dibuat melalui proses percetakan. 
  • Stiker
Stiker di sisni bukan yang ada pada media sosial atau juga media komunikasi. Stiker di sini, yaitu tulisan, logo atau bisa disebut label yang dicetak pada sepotong kertas, plastik atau bahan lainnya dengan perekat di salah satu sisinya. Produk percetakan yang satu ini hampir sulit untuk dilepaskan dari kehidupan modern. Sebagai contoh, stiker pada sepeda motor, mobil, stiker dari dinas-dinas, dan masih banyak lainnya. 
  • Majalah / Media cetak
Majalah atau media cetak dulu merupakan sumber informasi yang merajai jagat perss di Indonesia setelah radio. Namun kini, karena serba digital arus informasi bisa didapatkan dengan mudah melalui smartphone. Akan tetapi bukan berarti majalah, surat kabar dll. berhenti produksi, karena nyatanya masyarakat lebih nyaman membaca melalui media cetak meskipun dengan segmen yang berbeda.

0 Response to "10+ Produk Percetakan yang Sering Kita Gunakan "

Post a Comment