6 Cara Membuat Desain Kemasan yang Unik dan Menarik

6 Tips Membuat Kemasan Produk yang Menarik

Mengapa desain kemasan produk harus menarik? Kemasan merupakan bagian terpenting untuk berinteraksi dengan konsumen. Klien atau konsumen tentu akan mempertimbangkan sebuah produk berdasarkan kebutuhan dan juga ketertarikan mereka. Tugas kita adalah bagaimana mencuri perhatian klien atau customer yang sebenarnya tidak begitu membutuhkan produk kita, namun membelinya. Pada momen seperti itulah kita membutuhkan kemasan produk yang menarik. 
Gambar : google.com

Nilai plus sebuah produk tentu menjadi poin penting dalam sebuah bisnis, baik itu dari produk itu sendiri, keunikan, manfaat, kegunaan, dan juga berbeda dengan produk pesaing. Salah satu hal yang membuat produk unik adalah desain kemasan produk yang menarik. 

Desain kemasan produk merupakan salah satu faktor penting yang dapat menguatkan branding bisnis dalam persaingan yang semakin ketat. Desain kemasan yang menarik dan berkualitas bukan hanya dapat menjadi pembeda antara brand kita dengan kompetitor saja, namun juga dapat menambah nilai jual produk.

Melalui desain kemasan produk, kita dapat menyampaikan informasi mengenai identitas bisnis seperti logo, kualitas produk, dan sebagainya. Hal seperti ini tentu dapat menarik perhatian konsumen untuk jatuh cinta pada produk kita, dan membelinya.

Desain kemasan produk merupakan ponit penting, lalu bagaimana cara membuat desain kemasan yang menarik dan unik? Berikut tips membuat desain kemasan produk yang menarik.
  • Identifikasi Produk
Langkah awal yang harus kita laklukan yaitu menidentifikasi atau mengenali produk yang akan kita jual. Riset awal mengenai produk ini juga harus dibarengi dengan mempertimbangkan target pasar dari produk yang dibuat. - ini penting!

Sebuah desain tentu memiliki maksud dan tujuan, serta segmen tertentu, karena itu hal ini menjadi penting untuk dilakukan, dengan kata lain bisa diartikan sebagai bentuk ekspresi dari apa yang pelanggan butuhkan dan apa yang ingin pelanggan lihat pada kemasan sebuah produk. - jangan lupa untuk melirik kompetitor, temukan apa kekurangan dan kelebihan mereka!

Setelah kita mengetahui gambaran mengenai kedua hal itu, kita harus membuat rancangan ide agar kita bisa memperoleh visualisai (gambaran akhir) dari sebuah produk. Rancangan ide yang kita peroleh selanjutnya kita gunakan sebagai refrensi untuk menentukan desain kemasan sebuah produk. 

  • Buatlah Tetap Sederhana
Desain kemasan produk harus "Wajib" menyajikan apa yang seharusnya disajikan. Desain kemasan harus mengandung detail produk yang ditawarkan dan informasi penting lainnya yang dibutuhkan.

Sebuah kemasan tentu bukan hanya desain namun juga informasi penting yang mewakili produk itu, karenanya penting bagi kita untuk mempertimbangkan kenyamanan pelanggan dan sentuhan kreatifitas yang wajar pada kemasan. Dengan menjaga desain kemasan produk agar tetap sederhana, maka akan memberikan nilai tambah di kemudian hari. 

  • Kesesuaian Bentuk
Bentuk sangat memengaruhi psikologi seseorang, sebagai contoh mungkin orang beranggapan bahwa bentuk persegi panjang menunjukkan produk maskulin, sedangkan produk feminim seingkali lebih melengkung. Entah kebetulan atau hanya mitos belaka!

Namun mempertimbangkan faktor psikologi dalam bentuk sebuah produk kemasan menjadi penting agar kita bisa membuat model desain kemasan yang tepat sesuai dengan bisnis dan target pasar yang kita inginkan. 
  • Pilihan Warna yang Sesuai
Warna desain kemasan suatu produk sagatlah penting. Hal ini karena hampir 90% dari pembelian didasrkan hanya pada warnan. Bukan pada isi bukan juga kegunaan. Karena itu, kita harus mengetahui peran dan arti sebuah warna dalam desain kemasan. Sebagai contoh:
  1. Merah melambangkan hasrat, kekuatan, cinta dan keberanian.
  2. Hijau melambangkan kesegaran atau alam .
  3. Kuning melambangkan energi dan kebahagiaan.
  4. Ungu melambnagkan kreatifitas, royalti dan bisa juga misteri.
  • Tipograpi
Teks yang tertera pada kemasan produk merupakan pusat perhatian konsumen, karena itu harus tertera dengan jelas dan dapat dibaca. Usahakan warna teks dengan warna dadar desain menyatu tidak kontras atau terlalu mencolok sehingga sulit untuk dibaca. Hindari apa-apa saja yang tidak penting untuk dimasukkan dalam desain kemasan, sehingga tidak terkesan berlebihan dan kurang menarik. Gunakanlah bahasa yang singkat padat dan jelas. Meskipun desain kita terlalu unik namun tetap usahakan masih dapat dengan jelas untuk dibaca dan dipahami oleh konsumen. 

  • Go Green
Isu global warming kini menjadi perhatian serius yang menuntut kita untuk lebih bijak dalam mendesain kemasan sebuah produk. Dengan desain kemasan produk yang go-green kita juga dapat berkontribusi untuk mengurangi dampak lingkungan serta mengkampanyekan bahkan menyadarkan konsumen tentang pentingnya isu lingkungan yang sedang kita hadapi. Adanya konsep ramah lingkungan atau green packaging pada desain kemasan produk ini selain memacu untuk menjaga lingkungan juga nantinya diharapkan dapat meningkatkan nilai jual produk itu sendiri. 

Sebagai catatan akhir, sebuah bisnis tidak harus memiliki brand atau logo yang mencolok dan silau di mata, namun yang terpenting adalah mampu menghadirkan sebuah produk yang berbeda. Berbeda dalam arti memiliki nilai lebih atau tambah dari pada kompetitornya sehingga mampu untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

0 Response to "6 Cara Membuat Desain Kemasan yang Unik dan Menarik"

Post a Comment