Biaya Laminasi Kertas

Biaya Laminasi Kertas Cetakan

Biaya Laminasi dopp
Sumber : Google.com

Laminasi atau laminating merupakan proses pelapisan bahan tipis (plastik) pada sisi atau permukaan kertas. Ada dua jenis laminasi yang umum dalam dunia percetakan, yaitu laminasi glossy dan laminasi doff, atau untuk lebih jelasnya bisa lihat di sini

Perbedaan Laminasi dan Laminating 

Sebelum kita ulas mengenai biaya laminasi, yuk kita bahas sedikit tentang laminasi dan laminating. Apa sih bedanya laminasi dan laminating itu? 
Bila kita lihat dari "kelas kata" nya, maka istilah laminasi merupakan Kata Benda atau (Noun), sedangkan laminating merupakan Kata Kerja (Verb). Jadi letak perbedaan antara laminasi dengan laminating hanya pada kelas katanya saja. Karena laminasi merupakan "istilah" pelapisan pada kertas, sedangkan laminating merupakan "kegiatan" melapisi sisi kertas yang dilakukan menggunakan alat khusus. 
Jadi dapat kita sederhanakan bahwa antara laminasi dan laminating itu sama, sama-sama proses pelapisan plastik pada sisi kertas menggunakan alat khusus / alat press. Bedasnya hanya pada kelas katanya saja.

Harga Jasa Laminasi 

Laminasi dibutuhakan agar cetakan tidak mudah rusak dan pudar. Sisi lain adanya laminasi agar cetakan menjadi lebih bagus dan mewah. Laminasi dalam dunia percetakan memiliki hitungan tersendiri, karena itu setiap tempat laminasi atau jasa laminasi akan bereda-beda, terlebih berbeda daerah. 
Sebagai gambaran harga jasa laminasi di Jogja akan berbeda dengan kota lain. Hitungan harga jasa laminasi di Jogja, berkisar antara Rp. 0.18,-/cm hingga Rp. 0,22,-/cm untuk jenis laminasi glossy. Sedangkan untuk laminasi dopp terbilang lebih mahal daripada laminasi glossy, karena berkisar Rp. 0.19,-/cm hingga Rp. 0.25,-/cm. 



0 Response to "Biaya Laminasi Kertas "

Post a Comment