Cara Membuat Kotak Kue dari Karton

Cara Bikin Box Kotak Kue Sendiri

Kemasan bukan hanya untuk membungkus dan melindungi sebuah produk saja, namun juga memiliki sisi promosional yang mampu memengaruhi minat seorang calon konsumen untuk membeli sebuah produk tersebut. Kemasan yang baik dan menarik tentu dapat menjadi nilai tambah tersendiri untuk produk Anda. 

custom kotak snack murah
Kotak Bingkisan 

Bukan hanya untuk produk komersial saja, tetapi box kotak kemasan juga bisa Anda gunakan sebagai media pembungkus souvenir, roti, snack, hadiah dan sebagainya. Dewasa ini tentu banyak sekali toko atau outlet yang menyediakan box bingkisan atau kotak souvenir (box kotak snack roti) di daerah sekitar Anda, atau bisa juga membelinya secara online di marketplace. Namun apakah desain dan ukurannya sesuai atau cocok untuk produk Anda, itu bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada vendor tempat Anda memesannya.

Sebenaranya untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah, Anda bisa memesannya langsung pada pengrajin kotak kemasan jika kebutuhan Anda banyak, namun jika kebutuhan terbatas Anda juga bisa coba untuk membuatnya sendiri. 

Bahan yang perlu Anda persiapkan adalah; kertas, gunting atau cutter, pengaris, dan stapler. Ada banyak varian kertas bisa Anda gunakan, jika ingin bewarna bisa menggunakan kertas Manila atau kertas TIK. Sedangkan jika ingin berwarn putih dan printing full color, bisa menggunakan kertas art cartoon atau kertas foto. 

Setelah bahan tersedia, Anda harus menentukan berapa ukuran yang akan dibuat. Ini penting karena ukuran akan menentukan presisi atau tidaknya, pas atau tidaknya antara kemasan dan isinya nanti. Setelah ukuran Anda dapatkan, langkah selanjutnya adalah membuat desain box kotak kemasan sesuai kehendak Anda sendiri. Jika ukuran yang akan dibuat luamyan besar Anda bisa menggunakan jasa digital printing untuk mencetaknya, namun jika ukurannya kecil Anda bisa menggunakan printer A4 biasa. Atau bisa dibuat model kotak dengan tutup terpisah.

Berikut ini ilustrasi desain dan pola box kotak kemasan.

Cara Membuat Kotak Kue
Pola Kotak Kemasan Model Kancing

Pada gambar di atas merupakan contoh pola kotak kemasan snack sekali sambung dengan model kancing. Ukuran yang digunakan adalah panjang 16 x lebar 12 x tinggi 7 cm. Jika Anda memiliki printer A3+ bisa langsung dicetak. Namun jika printer Anda ukuran standar A4, maka bisa dibuat seperti pada contoh gambar berikut.

Bagian tutup dan tatakan kotak kemasan dibuat terpisah, hal ini agar muat dicetak menggunakan printer standar. Untuk ukuran yang digunakan masih sama, yaitu panjang 16 x lebar 12 x tinggi 7 cm. Pada gambar bagian atas kemasan, terdapat garis putus-putus berwarna merah dan biru. 

Untuk garis berwarna merah merupakan tanda atau area potong, cukup potong atau gunting pada garis yang berwarna merah saja. Sedangkan untuk garis berwarna biru adalah garis tekuk tidak perlu dipotong. 

Setelah bagian yang bergaris merah dipotong atau disobek, langkah selanjutnya adalah membentuknya agar menjadi box dengan menyatukan (garis berwarna biru dengan unjung bagian yang telah digunting) menggunakan stapler. Sebagai catatan, agar bagian penutup bisa pas ketika dipasang dengan bagaian bawah, maka untuk ukuran bagian penutup (panjang x lebar) dilebihkan kurang lebih 1mm.

0 Response to "Cara Membuat Kotak Kue dari Karton"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel