Cara Bikin Pola Box Kotak Kemasan Sederhana dengan Corel Draw

Cara Sederhana Bikin Kerangka Kotak Kemasan dengan Corel Draw


Sebelum sebuah kemasan dicetak atau dibentuk, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan terlebih dahulu. Seperti memastikan ukuran kemasan yang akan dibuat, desain, dan juga bahan yang akan digunakan. Hal ini karena ukuran akan sangat memengaruhi hasil, baik itu dari kebutuhan bahan baku yang akan digunakan, hasil jadi kemasan yang presisi, dan seterusnya. 




Untuk pola atau desain tentu sudah banyak dan sangat mudah untuk mencarinya di internet. Namun kali ini kami akan membagikan tips sederhana untuk membuat kerangka kotak kemasan dengan corel draw.
  • Pertama: klik menu pilih new blank document, kemudian atur ukuran kertas yang akan digunakan.  



  • Kedua: Klik rectangle tool lalu buatlah sebuah kotak, atur ukuran kotak tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan. Sebagai contoh, box dengan ukuran panjang 6 x lebar 6 x tinggi 10 cm. Maka yang dibutuhkan pertama adalah ukuran persegi 6 x 10 cm, untuk mengatur ukuran seperti pada gambar.


  • Ketiga: Setelah persegi pertama dibuat, duplikat menjadi 4 bagian. Untuk mengaturnya agar presisi gunakan menu transformations pada sidebar sebelah kanan, klik persegi pertama lalu ikuti alurnya seperti pada gambar berikut. 

  • Keempat, setelah 4 kotak jadi selanjutnya buat kotak kecil seukuran 1 atau 2 cm untuk area lem ketika membuatnya nanti. Seperti gambar berikut.

  • Kelima, membuat bagian penutup, bahu dan pengunci box. Gunakan Transform untuk mempermudah. Untuk bagian penutup usahakan ukurannya sama dengan lebar box. 
  1. Semisal box yang dibuat ukuran panjang 6 x lebar 6 cm, maka bagian penutupnya 6 cm juga. Seperti (poin nomor 1) pada gambar.
  2. Sedangkan untuk bagian bahu (poin nomor 2) ukurannya setengah dari ukuran tutup, berjumlah 4.
  3. Untuk bagian pengunci box (poin nomor 3) ukurannya disesuaikan dengan ukuran box itu sendiri,  dalam contoh ini dibuat dengan ukuran 1.5 cm. 

  • Keenam, Setelah kerangka mentah jadi, selanjutnya membuat siku pada bagian ujung agar dapat dibentuk menjadi sebuah box. Caranya yaitu dengan klik kanan pada bagian yang akan dipola, dan mengconvertnya menjadi curves seperti gambar di bawah. Setelah itu arahkan kursor ke shape tool pada sisi kiri. 



Lakukan juga pada bagian bahu dan area lem seperti gambar di bawah.


  • Ketujuh, selesai. Anda tinggal menambahkan warna atau logo dan kata-kata pada kerangka box yang telah dibuat. 

Demikian tutorial sederhana membuat kerangka box kemasan dengan corel draw. Semoga bermanfaat. Mohon maaf bila kurang rinci dan jelas. Untuk Anda yang tidak familiar dengan corel draw atau membutuhkan kemasan dalam jumlah yang banyak dan idak sempat untuk membuat sendiri, Anda bisa coba buat box kemasan secara online di ahlitaskertas.com. Remomended.

0 Response to "Cara Bikin Pola Box Kotak Kemasan Sederhana dengan Corel Draw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel