5 Jenis Kertas untuk Kemasan

 5 Kertas untuk Kemasan Produk 

Kemasan produk memiliki model yang sangat beragam dengan menggunakan berbagai macam bahan, seperti menggunakan plastik, kayu, stainless, kaleng, kertas, styrofoam, dan masih banyak lainnya. Saat ini banyak sekali perusahaan atau juga umkm yang memproduksi kemasan yang tidak hanya berfungsi untuk melindungi sebuah produk, memiliki nilai promosi yang tinggi, namun juga memiliki sisi yang ramah terhadap lingkungan. 

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai kemasan produk dari bahan kertas. Ada 5 jenis kertas yang umum digunakan sebagai media kemasan produk, baik itu produk fashion, produk makanan, produk elektronik, dan sebagainya. Berikut 5 jenis kertas untuk kemasan.

1. Kertas Geraseproof

Tahukah Anda kertas yang digunakan untuk bungkus friedchiken, french fries, atau seperti kemasan roti boy, kemasan roti o, kemasan burger, kebab, atau kemasan MCD? Kertas yang digunakan adalah kertas khusus untuk produk makanan atau yang dinamakan kertas graseproof nama lainnya adalah kertas ezrat. 

Kertas ini memiliki ciri yang tidak mudah menyerap minyak dan lemak, serta kuat menahan panas. Gramasi atau ketebalan kertas tipis dan ulet, sehingga cocok untuk kemasan produk makanan. Kertas ini juga sudah mendapatkan sertifikasi aman yang diperoleh dari United States Food and Drug Administration (US FDA), ISEGA, BPOM dan sertifikat halal oleh MUI.

Contoh kemasan kertas geraseproof ini adalah untuk foodbag, foodgrade, lapisan pembungkus makanan, lapisan pembungkus produk, dan sebagainya.

2.  Kertas Marga atau Kertas Duplek

Kertas yang satu ini adalah kertas yang umum digunakan untuk box kotak kemasan. Ciri kertas ini adalah memiliki warna putih pada sisi bagian luar dan berwarna abu-abu pada sisi bagian dalam. Kertas ini menjadi pilihan bahan untuk kemasan karena memiliki gramasi yang tebal mulai dari gramasi 250gsm hingga 500 gsm, dengan harga yang relatif lebih murah bila dibandingkan dengan bahan jenis lainnya. 

Kertas ini bisa dicetak pada bagian luar (bagian yang berwarna putih), sedangakan untuk jenis finishing bisa menggunakan berbagai macam jenis finishing, seperti laminasi, hot foil, embos, spot uv dan sebagainya. Untuk pilihan laminasi biasanya bila digunakan untuk box kotak bakpia atau box kotak nasi, menggunakan laminasi pada dua sisi (laminasi luar dan dalam). 

Contoh kemasan kertas duplek ini adalah kotak snack, kotak nasi, kotak brownies, kotak odol, kotak sabun, dan sebagainya. 

3. Kertas Art cartoon atau Kertas Ivory

Kertas art cartoon atau kertas ivory ini menjadi salah satu pilihan untuk kemasan premium karena memiliki tekstur yang halus pada kedua sisinya dan memiliki warna putih pada kedua sisinya. Kertas ini bisa dicetak pada kedua sisi dan laminating pada kedua sisinya. 

Seperti halnya kertas duplek, kertas art cartoon juga bisa difinishing dengan berbagai macam model. Gramasi kertas ini pun cukup tebal mulai dari 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm, 310 gsm, hingga 400 gsm. 

Contoh kemasan kertas art cartoon ini umumnya digunakan untuk box brownies, box lunch, box pakaian, box smartphone, dan sebagainya.

4. Kertas Samson Kraft atau Brwon Craft

Kertas kraft ini merupakan trobosan baru untuk kemasan dari kertas recycle. Kertas ini memiliki warna coklat pada sisi luar dan berwarna coklat pudar pada bagian dalamnya. Memiliki tekstur yang kasar dengan serat seperti kulit jeruk, sedangkan untuk gramasi kertas kraft ini juga sangat beragam, mulai dari 200 gsm hingga 275 gsm. 

Tidak terlalu tebal namun cukup untuk digunakan sebagai kemasan produk. Untuk kertas kraft ini atau kertas recycel ini untuk finishing harus dilaminasi pada bagian dalam yang bersentuhan langsung dengan produk (jika produk makanan). Kertas ini bisa menjadi alternatif kemasan murah yang ramah lingkungan serta memiliki kesan yang natural atau alami karena berwarna coklat.

Contoh kemasan kertas kraft ini adalah kemasan snak, kemasan box kotak lunch, kemasan kotak makanan ringan, paper bag, dan sebagainya. 

5. Kertas Karton Brief Card (BC) atau Manila

Kertas yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuat kemasan produk, baik digunakan sebagai bahan pembuatan tas kertas, pembuatan box, atau model kemasan lainnya. Kertas BC atau manila ini ada juga yang menyebutnya dengan istilah kertas TIK, kertas yang sering digunakan untuk keperluan cetak peralaratan kantor, seperti stopmap, absen, dan sebagainya.  

Kertas ini memiliki warna yang lebih bervariasi daripada kertas jenis lainnya, sedangkan untuk gramasi juga beragam mulai dari 160 gsm hingga 250 gsm. 

Contoh kemasan kertas BC ini adalah tas kertas, box kotak souvenir, dan sebagainya. 


0 Response to "5 Jenis Kertas untuk Kemasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel