Fungsi Pisau Pond | Die Cut pada Kemasan

Pisau Pond / Die Cutting pada Kemasan

Pisau pond atau die cutting adalah media (pisau khusus) untuk memotong kertas atau cetakan sesuai dengan bantuk yang diinginkan. Seperti bentuk lingkaran, hati, oval, segitiga, dan bentuk-bentuk lainnya. Sebelum digunakan untuk kebutuhan produksi dalam jumlah yang banyak pisau ini haruslah dirakit atau dibuat terlebih dahulu dengan ukuran dan model yang diinginkan. Perakitan pisau pond ini, yaitu dengan menancapkan pisau ke sebuah papan dengan lebar sesuai ukuran dan desain yang dibutuhkan. Papan ini berfungsi untuk menyangga pisau dengan desain yang sudah dibaut tadi agar dapat masuk ke dalam mesin pond. Die cut ini bisa digunakan untuk memotong media dari bahan seperti kertas, karet, foil, kain, pita perekat, busa dan masih banyak lagi. 

Ada banyak bahan atau jenis pisau yang dapat digunakan sebagai media membuat pisau pond ini, yang umum digunakan pada pembuatan kemasan, di antaranya:

  • Pisau Pond

images-tokopedia-net
Pisau jenis ini memiliki ciri tajam pada satu sisi saja. (Tajam pada bagian atas dan tumpul pada sisi bawah). Bagian atas berguna untuk memotong cetakan atau kertas, sedangkan bagian bawah yang tumpul untuk ditanam atau ditancapkan ke papan. Pisau ini bisa dipola atau didesain dengan model yang beragam dan sekreatif mungkin.

  • Pisau Pond Rel

images-bukalapak-com
Pisau jenis ini memiliki ciri tumpul pada kedua sisinya. Lalu apa kegunaannya jika tumpul? Pon rel ini difungsikan sebagai pola yang berguna untuk memudahkan proses penekukan cetakan atau melipat kertas pada tahap akhir finishing agar presisi dan sempurna. Seperti untuk penekukan dus kotak nasi, paper bag, dus hijab, dan sebagainya. 

  • Pisau Plong / Lubang

images-lazada-co-id
Pisau plong ini memiliki ciri berbentuk lingkaran dan tajam pada satu sisi. Diameter lubang umumnya 2 mm hingga 30 mm, untuk melubangi cetakan. Pisau plong ini umumnya digunakan untuk lubang handle atau tali pada paper bag. 

  • Pisau Gelombang

Pisau ini memiliki ciri tajam bergelombang pada satu sisi. Fungsi dari pisau ini untuk memberikan efek atau membentuk kertas terpotong bergelombang. Umumnya digunakan pada box kotak nasi, kemasan hijab, dan food bag.


Fungsi Pisau Pond / Die Cutting

Contoh pisau pond
Fungsi utama dari die cutting ini adalah untuk membuat bentuk khusus atau pola dekoratif pada sebuah cetakan (media) sesuai konsep atau desain yang diinginkan. Die cut ini juga dapat mempermudah dalam proses pembuatan kemasan sehingga hasil yang diperoleh dapat presisi, unik, dan rapih.

Dengan pisau pond ini sebauh kemasan dapat dibentuk dengan model yang berbeda dari kebanyakan, karena die cut ini dapat membuat bentuk, kontur, flap, lubang, pola, dll. yang unik dan menarik sehingga mampu meningkatkan daya tarik visual suatu kemasan. Misalnya dengan membuat sebuah window atau jendela pada kotak kemasan, bentuk lingkaran untuk kemasan hijab, paper bag dengan handle plong, dan sebagainya. 




0 Response to "Fungsi Pisau Pond | Die Cut pada Kemasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel