Memilih Kertas Foto Kualitas Terbaik | GRIYA TAS KERTAS

Memilih Kertas Foto Kualitas Terbaik

Jenis Kertas Foto untuk Hasil Cetak Terbaik

Kertas Foto Kualitas Terbaik
sumber gambar: Google.co.id
Untuk jaman modern seperti sekarang ini, hampir semua perkerjaan bisa dilakukan dengan cepat, mudah, dan efektif. Seperti halnya dunia percetakan terkhusus dunia cetak foto. Mungkin ada yang mengalami, dulu untuk mencetak sebuah foto harus datang atau mencari studio foto, bahkan di suatu daerah hanya ada satu, jauh, antri, mahal, dst. untuk menyerahkan klise atau file berisi foto untuk dicetak atau diafdruk.
Namun untuk sekarang, ada alternatif yang lebih mudah dan murah untuk mencetak foto tanpa harus datang ke studio foto, yaitu dengan mencetak menggunakan printer inkjet dan sejenisnya. Namun bila ingin tetap mencetak di studio foto - tidak masalah karena hasilnya juga tentu bagus. 
Mencetak foto menggunakan printer inkjet ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk hasil yang masimal, seperti editing sebelum cetak, jenis printer, jenis tinta yang digunakan, serta kertas yang digunakan untuk mencetak.
Kertas untuk mencetak foto ada banyak jenis atau variannya, karena kertas foto ini memiliki tekstur yang memengaruhi keseluruhan permukaan foto, sehingga kejelasan warna, kontras, model fotografi bisa kita atur sesuai yang diinginkan. 

Berikut 5 Jenis Kertas Foto

  • Kertas Glossy
Kertas foto yang satu ini merupakan kertas foto terbaik dan yang paling banyak digunakan atau sangat poluper digunakan untuk mencetak foto dengan kualitas sedang. kertas yang sangat direkomendasikan untuk percetakan foto, karena selain harganya yang terjangkau juga punya kualitas. Glossy merupakan jenis kertas berlapis (plastik) yang sagat halus, mengkilap, sedikit licin, dan bagian permukaannya sangat reflektif. Sedangkan untuk hasil cetakan yang didapat sangat bagus dan terlihat sangat tajam, sehingga memberikan kesan yang mewah dan elegan. Namun hasil cetakan dari kertas glossy ini juga terasa sedikit lengket saat dipengang, dan bisanya terdapat sedikit bekas tangan pada salah satu bagian hasil foto. 
  • Kertas Matte / Doff
Kertas jneis ini mempunyai permukaan yang halus dan tidak mengkilap pada permukaan atau tidak mudah memantulkan cahaya. Kertas jenis ini juga lebih awet dan tidak lengket seperti kertas glossy. Kontras warna yang lebih rendah dan memiliki bagian yang bertekstur, sehingga bekas sidik jari tidak terlihat. Kertas matte ini sangat cocok untuk mencetak foto hitam putih sehingga akan menghasilkan sebuah foto klasik yang sangat lembut. Meskipun memiliki resolusi yang lebih kecil dengan kontras yang sedikit kurang bila dibandingkan dengan kertas jenis lainnya, namun untuk ketajaman warna tetap recommended. 
  • Kertas Canvas
sumber gambar: blogspot.com

Kertas kanvas atau canvas ini merupakan kertas yang memiliki tekstur kasar dan terdapat guritan garis seperti kertas kanvas untuk melukis sehingga hasil cetakan yang diperoleh layaknya sebuah lukisan di atas kanvas. Kertas ini sangat cocock untuk Anda yang ingin printing foto dengan hasil yang lebih artistik dan berkualitas, meskipun harga kertas jenis ini cukup mahal. Kertas kanvas ini selain awet atau tahan lama juga memiliki daya serap tinta yang bagus dibandingkan kertas jenis glossy atau matte.

  • Double-Side Paper
sumber gambar: hipwee
Dari namanya kita sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa kertas jenis ini bisa digunakan untuk mencetak pada kedua sisinya (depan-belakang).Sedangakan tektur kertas ini sedikit nertal, artinya tidak terlalu mengkilap tetapi juga tidak terlalu doff, meskipun sedikit condong pada tekstur doff, sehingga bisa menghasilkan hasil cetakan yang bagus. Namun kertas ini kurang cocok untuk mencetak foto album umunya digunakan untuk mencetak brosur, pamflet dan media promosi lainnya.

  • Kertas Luster/ Laster
sumber gambar: google.com
Jenis kertas yang memiliki tekstur seperti kulit jeruk dengan sedikit lapisan kilauan yang halus. Saturasi warna sedikit doff namun lebih berkualitas dan dalam, memiliki kontras warna yang lebih tinggi (anti silau), dan gramatur kertasnya lebih tebal. Karakteristik kertas Luster/laster ini sangat bagus sehingga hasil cetakan terlihat profesional, tidak mudah pudar, dan awet bahakan dalam jangka waktu puluhan tahun. 



0 Response to "Memilih Kertas Foto Kualitas Terbaik"

Post a Comment