Bahan Dasar Pembuatan Paper Bag

 Jenis Kertas untuk Pembuatan Paper Bag

Paper bag atau dalam istilah sehari-hari dikenal dengan nama tas kertas atau tas belanja ini merupakan media kemasan yang banyak diminati karena lebih praktis dan diklaim sebagai kemasan yang ramah lingkungan. Paper bag ini bisa digunakan sebagai kemasan dan branding poduk, untuk wadah suvenir acara, undangan pernikahan, dan masih banyak lain kegunaannya. 

Paper bag ini memang tidak murni 100% ramah lingkungan, karena ada beberapa jenis produk tas kertas yang memiliki lapisan plastik (laminating) untuk menambah kekokohan paper bag, memberikan kesan mewah dan prestis. Ada beberepa bahan yang umum digunakan sebagai bahan pembuatan tas kertas, meskipun Anda bisa membuatnya sendiri dari berbagai macam jenis kertas yang Anda punya. 

Berikut ini beberapa jenis kertas yang sering digunakan untuk pembuatan tas kertas:

  • Kertas Art Cartoon atau Ivory

  • Kertas jenis ini merupakan kertas yang umum digunakan sebagai bahan pembuatan tas kertas, karena memiliki permukaan yang halus dan berwarna putih pada kedua sisi atau permukaannya. Terkadang ada yang membedakan antara kertas art cartoon dengan kertas ivory, kertas art cartoon memiliki tekstur yang halus pada kedua permukaannya. 

    Namun bila kertas ivori hanya satu sisi saja dan umumnya dikenal dengan istilah kertas ivory satu muka atau art carton satu muka. Jenis kertas ini memiliki ketebalan mulai dari 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm, 310 gsm , dan 400 gsm.

    Kertas ini biasanya juga digunakan untuk cover buku, kalender dinding, kalender duduk, undangan, tas kertas, box kotak bakpia dan kotak brownies.

    • Kertas Art Paper

    Kertas jenis ini memiliki terstur yang licin pada kedua sisi atau permukaannya. Warna kertas ini putih pada kedua sisi dengan gramasi atau ketebalan yang lebih tipis dari kertas art cartoon, yaitu 100 gsm, 120 gsm, dan 150 gsm. 
    Kertas ini sering digunakan untuk pembuatan kalender dinding, majalah atau tabloit, brosur, katalog atau buku, shopping bag. 
    • Kertas BC (Brief Card)

    Kertas BC atau sering dikenal dengan istilah kertas manila, memiliki tekstur sedikit kasar atau berserat pada kedua sisinya. Berbeda dengan jenis kertas yang lain, untuk kertas manila ini memiliki varian warna yang beragam, yang umum dijumpai, yaitu warna merah, putih, hijau, kuning, dan biru.  Memiliki gramasi mulai dari 160 gr, 220 gr, dan 250 gr.

    Kertas ini sering digunakan untuk pembuatan stopmap, undangan, kartu absensi, kartu SO perusahaan, kartu tagihan atau pembayaran di sekolah dan rumah sakit. 

    • Kertas Samson

    Kertas samson ini merupakan kertas daur ulang yang memiliki warna dasar coklat tua dan coklat muda, dengan tekstur licin pada salah satu permukaannya. Kertas ini memiliki gramasi atau ketebalan kertas 70 gsm dan 80 gsm. 

    Kertas ini sering digunakan untuk sampul buku, bungkus kado, sebagai kertas layangan, food bag, dan tas kertas. 

    • Kertas Kraft Liner


    Kertas jenis ini merupakan kertas yang paling banyak digunakan sebagai bahan pembuatan paper bag, karena memiliki harga yang ekonomis, kesan klasik dan tural, serta lebih kokoh daripada kertas samson. Kertas ini memiliki tekstur yang berserat atau sedikit kasar, dan memiliki dua jenis warna, yaitu warna putih dan warna coklat. 



    Kertas kraft ini memiliki warna coklat muda pada salah satu sisinya, meskipun sisi luar berwarna coklat atau putih, namun sisi dalam tetap berwarna coklat muda. Kraft liner ini memiliki gramasi yang beragam, mulai dari 120gsm, 125 gsm, 150 gsm, 200 gsm, dan 275 gsm. 

    Kertas ini sering digunakan untuk box kotak snack atau makanan ringan, kotak produk franchise, tas kertas, undangan, dan hang tag.

    0 Response to "Bahan Dasar Pembuatan Paper Bag"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel