Perbedaan Rigid Box, Corrugated Box, dan Cardboard Box

Perbedaan Rigid Box, Corrugated Box (Kardus), dan Cardboard Box (Box Kertas Karton)



Serupa namun tak sama, ya itu lah kata pertama yang bisa diucapkan untuk menggambarkan ketiga istilah box atau kotak di atas. Memiliki fungsi yang sama sebagai packaging atau kemasan suatu produk, tetapi kegunaannya berbeda. Meskipun bagi masyarakat awam kurang mengenal dengan istilah atau nama dari setiap jenis kemasan tersebut. 

Box-box tersebut juga ini sering dijumpai saat membeli suatu produk, seperti jam tangan, pizza, bakpia, kulkas, laptop, produk kosmetik, dompet, dan masih banyak lainnya. Perkembangan industri modern saat ini melahirkan bnyak penemuan dan alternatif kemasan yang berkualitas, mudah, elegan, ekonomis, dan juga ramah lingkungan. 

Lalu, apa perbedaan kotak kemasan rigid box, corrugated box, dan cardboard box? 

  • Rigid Box (Gift Box)
Rigid box merupakan kotak kemasan dari bahan board atau sering dikenal dengan isitilah kertas yellow board atau karton yellow. Di namakan yellow karena kertas ini memiliki warna dasar kuning - meskipun juga tersedia kertas board dengan warna lain seperti abu-abu. Kertas ini memiliki gramasi atau ketebalan kertas yang bervariasi, mulai dari yang tipis, sedang hingga yang tebal. 

Namun kertas board atau yellow ini tidak bisa dicetak karena ukurannya yang tebal dan teksturnya yang kasar, sehingga untuk menghasilkan sebuah gift box atau rigid box, kertas board tadi akan dilapisi menggunakan kertas yang lebih tipis. Kertas pelapis tersebut yang dicetak dan ditempel pada board karton atau kertas yellow. 

Pembuatan rigid box terbilang cukup rumit dan memakan waktu karena membutuhkan perakitan sebelum digunakan sebagai kemasan produk. Hal ini tentu sebanding dengan hasil yang diperoleh, karena kemasan rigid box ini sangat menarik dan unik. Sebuah produk bila dikemas menggunakan rigid box custom akan terlihat mewah, berkelas, elegan, dan mencirikan sebuah produk yang berkualitas.

Rigid box atau gift box ini bisa dibuat dengan model yang unik atau bentuk sederhana namun mewah tergantung dari kebutuhan. Penambahan finishing embos, debos, atau foil emas dan perak pada permukaan box akan semakin menambah kesan mewah dan elegan. 

Rigit box ini selain berfungsi sebagai kemasan atau pelindung sebuah produk juga berfungsi sebagai daya tarik calon komsumen terhadap produk yang dijual. Memberikan kesan produk yang lebih mewah dan berkelas meskipun dibandrol dengan harga yang ekonomis. Perlindungan akan produk yang dijual terjamin, karena diproduksi menggunakan bahan karton tebal sehingga produk yang ada di dalamnya tidak takut rusak meskipun dalam waktu yang lama. Karena terbuat dari bahan karton atau kertas sehingga rigit box ini merupakan kemasan ramah lingkungan yang reusable dan dapat di daur ulang. 

Gitf box atau rigit box ini sering digunakan untuk kemasan produk seperti; dompet, jam tangan, kotak kosmetik, dan masih banyak lainnya.

  • Corrugated Box (Kardus)

Corrugated box atau lebih umum dikenal dengan sebutan kardus merupakan box yang terbuat dari bahan kertas corrugated dan kertas kraft. Bahan corrugated ini memiliki bagian yang bergelombang dan dilapisi dengan kertas kraft, atau diistilahkan dengan layer atau lapisan. Umumnya kardus terdiri dari 3 layer, yaitu fluting luar, fluting bagian dalam, dan fluting lapisan bagain dalam. (Fluting atau flute merupakan struktur bagian kardus yang berbentuk gelombang).

Box jenis ini (kardus) paling banyak digunakan untuk mengemas atau packaging sebuah produk, mulai dari produk yang berat hingga produk yang ringan. Contoh penggunaan box jenis ini seperti untuk packaging kulkas, TV, laptop, PC, pizza, buah-buahan, produk makanan seperti mie instan, dan masih banyak lainnya. 


Box jenis ini juga bisa dibuat dengan model dan logo tertentu, sedangkan untuk ketebalan kardus bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti double wall atau penggabungan dari dua layer sehingga kardus menjadi tebal dan kokoh untuk beban yang berat.

  • Cardboard Box
Cardboard box merupakan box yang dibuat dari bahan kertas duplek (marga), kertas art cartoon, atau kertas kraft. Box jenis ini umumnya disebut dengan istilah paper box, kotak kemasan, atau juga folding karton box. Kotak jneis ini sering didesain dan dibaut dengan model-model yang unik sehingga menjadi kemasan yang unik, lucu dengan warna-warna yang khas, sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih box jenis ini termasuk kemasan yang ekonomis, namun memiliki prestis tersendiri.

Box jenis ini umumnya digunakan untuk produk-produkyang tidak terlalu berat, dan sangat banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti kotak nasi, kotak snack, kotak bakpia, kotak rokok, kotak teh, kotak baju, box brownies, dan sebagainya. 

Proses pembuatan box jenis ini juga terbilang mudah, karena tidak serumit pembuatan rigid box dengan tahapan yang kompleks. Box ini bisa langsung dicetak menggunakan mesin offset atau juga digital printing. Tambahan finishing juga dapat menambah kesan mewah dan prestis untuk produk yang ada di dalamnya, seperti penggunan laminating (doff atau glossy), penambahan embos, debos, dan foil emas atau perak pada sisi luar kemasan. Bila digunakan untuk mengemas makanan umumnya pada bagian atau sisi dalam juga akan dilaminasi atau laminating agar makanan tidak menempel langsung pada kertas. 

Jenis box ini karena bisa diproduksi dari beberapa jenis kertas sehingga bisa dikreasi sesuai keinginan dengan ketebalan bahan yang beragam. Untuk kemasan dengan model natural bisa menggunakan kraft coklat dengan gramasi 200 hingga 275 gsm. Box nasi dan snack atau makanan umumnya menggunakan kertas dulepk atau magra karena harganya yang ekonomis dengan warna dasar putih pada bagaian luar dan berwarna abu-abu pada sisi dalamnya. Warna putih ini memungkinkan untuk dicetak dengan berbagai warna karena warna netral, berbeda dengan bahan kraft coklat. Sedangkan untuk bahan premium bisa menggunakan kertas art cartoon dengan gramasi 310 gsm hingga 400gsm. Kertas art carton ini memiliki warna putih pada kedua sisinya, sehingga memungkinkan untuk dicetak pada kedua sisinya dan penambahan finishing yang lebih beragam. 


0 Response to "Perbedaan Rigid Box, Corrugated Box, dan Cardboard Box"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel